Kamis, 15 Juli 2010

Meninggikan badan

Masalah memang yaa jika tinggi badan seseorang kurang dari kriteria apapun yaa. Cari kerja sekarang juga susah syarat utama tinggi badan yaa udah ngedon duluan deh klo yg jadi syarat utama itu deh.
Tapi sekarang berkat majunya jaman yaaa anak-anak indonesia sekarang banyak yang pada tinggi koq yaaa, ga seperti dulu lagi yaaa kayaknya indonesia klo lagi berjejer dengan orang asing kelihatan paling mungil nya yaaa, tapi sekarang ga koq yaaa sudah ada perbaikan gizi dari masa ke masa. mulai di perhatikan faktor gizi tiap anak di indonesia. Gizi yang baik itu bukan hanya untuk kepentingan tinggi badan saja tapi berguna juga untuk kualitas otak kita juga loh, buktinya sekarang anak-anak indonesia banyak koq yg berprestasi yaaaa :)



Apa saja seh yang harus di perhatikan jika mau meninggikan badan :

1. Nutrisi makanan
Apa saja seh yang terkandung dalam nutrisi makan :
     1. Vitamin,   
         Vitamin adalah zat organik yang diperlukan untuk kehidupan dan penting untuk pertumbuhan manusia.   Diet yang seimbang sangat dianjurkan untuk menerima asupan gizi yang tepat. Suplemen memang bisa membantu jika diperlukan, namun tetap tidak bisa dijadikan pengganti makanan. Contohnya yaitu ;
      - Vitamin A,  
         Berguna mendorong pertumbuhan dan tulang yang kuat, alat bantu dalam menjaga kulit, rambut, gigi dan gusi yang sehat, dan membantu membangun ketahanan terhadap infeksi. Ditemukan pada: hati, wortel, kuning telur, sayuran hijau dan kuning, susu,margarin, dan buah-buahan merupakan sumber vitamin A terbaik. Masih banyak lagi sumber vitamin penting lainnya, diantaranya Vitamin B1, C, D, F, K. 

      2. Mineral
          Zat mineral membentuk sebagian besar tulang dan gigi dan membantu mengatur fungsi tubuh lainnya. Contoh dari zat mineral untuk menambah tinggi badan yaitu: Susu/produk susu, sarden, kacang kedelai, kacang kering, dan sayuran hijau mengandung banyak kalsium. Usahakan konsumsi sebanyak 600 sampai 1500 mg per hari (dianjurkan). Ditambah zat penting lainnya seperti krom, zat besi, magnesium, sodium, dll.
     3.  Protein
          Kebutuhan protein setiap orang bisa berbeda beda, tergantung pada kondisi fisik, umur, dll. Biasanya orang yang masih muda membutuhkan banyak protein untuk memenuhi takaran gizinya. Konsumsi makanan protein yang mengandung asam amino diperlukan untuk membangun jaringan, seperti ditemukan dalam makanan organ hewan seperti daging, unggas, makanan laut, telur, susu dan keju dengan takaran yang tepat.

     4.  Air Putih
          6-8 gelas sehari sangat dianjurkan, sangat baik juga untuk metabolisme tubuh dan kecerahan kulit dan wajah. 

2. Makanlah dengan kandungan gizi yang tepat, jangan terlalu memaksakan diet selama masa pertumbuhan, klo saran saya seh selagi tubuh masih dalam masa pertumbuhan artinya sebelum usia 20 tahun yaaa lebih baik jangan melakukan diet, karena masa itulah masa yang terbaik untuk tubuh kita berkembang secara baik. terbentuknya hormon dengan baik, pertumbuhan badan juga dapat di peroleh. tidak apa-apa klo memang ada yang bilang kita gendut asalkan gendutnya masih dalam kadar yang wajar yaa, maksudnya gendut remaja hehehhe klo diet masih usia  remaja yang ada nanti pertumbuhan badan terganggu lagi kan sayang loh nanti menyesal yaaa :D 

3. Proses Latihan tubuh. 
Maksudnya latihan tubuh disini agar tubuh terus bergerak agar tulang yang ada dalam tubuh terpacu untuk menambah lagi. step nya yuk di coba ; 
     1. Memijat bagian lutut
         Usahakan sampai terasa geli, kalau bisa suruh orang lain melakukannya. Memijat lutut dengan tangan Anda memungkinkan lutut anda untuk mempublikasikan pertumbuhan bahan kimia yang membantu Anda tumbuh tulang Anda.
      2. Peregangan (stretching) 
          Peregangan adalah bentuk yang paling efektif berolahraga untuk meningkatkan ketinggian. Melakukan latihan stretching dengan teratur dapat menambahkan beberapa inci ekstra tinggi anda, bahkan pendek setelah pertumbuhan anda telah berhenti.
      3. Renang
 
     4. Jogging, mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat selain untuk menambah tenaga saat latihan/ olahraga jika perut dalam keadaan kosong akan menurunkan hasil hormon pertumbuhan sebanyak 54%
     5.  Naikkan ketinggian tempat duduk sepeda, ketika bersepeda.

    6. Meminum pil atau multivitamin sebelum latihan meninggikan badan akan membantu dalam proses menghasilkan hormon pertumbuhan.
4. Cara meninggikan badan melalui pola tidur 

    1. Tidur yang baik juga bisa mempengaruhi postur tinggi badan, setidaknya 7-8 jam perhari waktu tidur untuk remaja dan dewasa, sedangkan klo masih balita cukup 9 jam saja. 

    2. Usahakan posisi tubuh lurus pada saat tidur.
    3. Gunakan kasur yang "baik" (yang mampu memberikan sokongan pada tubuh kita). Ini bertujuan untuk menjaga tulang belakang tetap lurus selama tidur. Jangan gunakan kasur yang bersifat terlalu lentur/lembek. Pola postur tubuh yang baik akan menambah tinggi badan juga. Tiru pola duduk, berdiri dan tidur yang bagus.
    4. Jangan makan terlalu banyak sebelum tidur, karena hal ini bisa memicu hormon Insulin. Hormon Insulin akan menghambat pertumbuhan. kira-kira 2 jam setelah makan kita akan menghasilkan hormon pertumbuhan, jadi usahakan untuk makan tidak kurang dari 2 jam sebelum waktu tidur kita.





0 komentar: