Selasa, 13 Juli 2010

Buang racun tubuh saat tidur


Ada yang pernah dengar lagunya bang Roma Irama yang begadang .....

Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya
Begadang boleh saja, kalau ada perlunya

Kalau terlalu banyak begadang
Muka pucat karena darah berkurang
Kalau sering kena angin malam
Segala penyakit akan mudah datang
Darilah itu sayangi badan
Jangan begadang setiap malam .... 

qeqeqe sedikit nyanyi ga apa-apa kan yaaa :-p merdu kaaan suara aq :d 



Emang seh kebiasan begadang sekarang ini sudah di anggap wajar deh apalagi yang rutinitasnya terlalu padat dari pagi terasa waktu 24 jam itu kurang banget untuk menyelesaikan kerjaan yang ga ada abisnya . Menurut riset yang ada  terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dapat meningkatkan risiko kematian anda. 

Dan ini lah riset jelasnya.  Tim ini mempelajari10.308 orang berumur 35-55 tahun yang diikuti selama beberapa tahun. Skrining awal (fase I) dilakukan tahun 1985-1988, mencakup pengujian klinis dan kuisioner yang dilakukan sendiri. Pengumpulan data pada fase III (tahun 1992-1993) juga mencakup pengujian klinis (8.104 partisipan) dan kuisioner (8.642 partisipan). Hasilnya, hubungan bentuk U diamati antara tidur pada fase 1 dan fase 3 dan semua penyebab yang mungkin, kematian kardiovaskular dan non kardiovaskular. Diantara para partisipan yang tidur enam, tujuh dan delapan jam pada saat mulai studi, penurunan durasi tidur malam berkaitan dengan 110% lebih besar risiko kematian akibat kardiovaskular. Hal yang sama, diantara yang tidur tujuh atau delapan jam per malam pada permulaan studi, peningkatan durasi tidur malam berkaitan dengan 110% kelebihan risiko kematian non kardiovaskular. Penyesuaian terhadap faktor sosio-demografik, mortalitas saat ini dan tingkah laku berkaitan dengan kesehatan yang diukur terhadap hubungan ini tidak berubah banyak.

Tapi perlu di ingat yaaa, kalau kita terus-terusan begadang itu juga ga bagus untuk tubuh dan juga otak kita. satu hari satu malam selama 24 jam terus di paksa kerja ada saat di mana kita harus benar-benar istirahat total, atau disaat kita terasa benar-benar sakit dan harus bed rest itulah saat kita merasakan istirahat yang sesungguhnya  ??? 
Duh mendingan jangan kayak begitu deh bener-bener ga bagus pola hidup kayak begitu :D 

Selain banyak manfaat yang bisa kita ambil dari aktivitas tidur itu dengan kualitas dan kuantitas yang baik. 
selain bisa meningkat kan kekebalan tubuh dan menjadi obat kecantikan alami, aktivitas tidur yang di jalani secara normalnya selama 7-8 jam tiap malam bisa membantu tubuh melakukan detoksifikasi alami untuk mengusir racun dalam tubuh. 

Pasalnya tubuh kita itu secara alami bisa membersihkan racun dalam tubuh dengan tidur yang berkualitas dengan kuantitas yang cukup. 

Ada fase dimana tubuh  kita melakukan detoksifikasi alami sewaktu tidur :

21.00 - 23.00 : secara alami melakukan detoksifikasi tubuh dan pertumbuhan. Umumnya, proses pertumbuhan pada anak-anak terjadi pada waktu ini. Karena itu, jangan biarkan si kecil tidur lebih dari pukul 9 malam.
23.00 - 01.00 : terjadi proses pembersihan liver atau hati
01.00 - 03.00 : detoksifikasi empedu
03.00 - 05.00 : detoksifikasi paru-paru
05.00 - 07.00 : detoksifikasi usus besar

Bukan hanya itu saja di saat kita tidur pun ada loh yang masih terus bekerja yaitu sumsum tulang belakang kita, kenapa ? pasalnya sumsum tulang belakang harus terus bekerja selama 24 jam terus menerus untuk memproduksi darah dalam tubuh kita, kalau sumsum tulang belakang berhenti bekerja tak akan ada lagi darah yang mengalir dalam darah kita .... 

Ada masalah dengan jam tidur anda ???? berarti kesehatan tubuh anda pun saat ini sedang terganggu yaaa ...
Apa waktu 21.00 itu masih terlalu dini untuk jam istirahat anda ??? atau  waktu 07.00 itu terlalu siang anda untuk bangun dan melanjutkan rutinitas sehari-hari sebagai pekerja kantoran ? 
Saya mau berbagi tips sedikit bagaimana mendapatkan tidur malam yang baik :

1.  Ikuti waktu tidur rutin yang konsisten
2. Lakukan relaksasi sebelum tidur 
3. Usahakan tidur semalam penuh setiap malam 
4. Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein dan obat-obatan yang mengandung stimulan, sebelum tidur 
5. Jangan tidur dalam keadaan lapar, tapi jangan makan banyak sebelum tidur 
6. Hindari latihan berlebihan 6 jam sebelum waktu tidur Anda 
7. Buat ruang tidur Anda tenang, gelap dan sedikit dingin 
8.Bangun pagi setiap pagi di waktu yang sama Bagi mereka yang mempunyai gangguan tidur harus mengkonsultasikan diri ke dokter umum atau dokter spesialis tidur.

Itu mudah jika anda menanggap terlalu siang jam 07.00 untuk bangun pagi, majukan saja 2 jam lebih awal dari waktu tidur anda supaya waktu bangun tidur anda bisa lebih awal juga dari jam 07.00 .

Kalau anda menganggap jam 21.00 terlalu dini untuk istirahat malam, silahkan tidur lebih malam dan bangun lebih siang dari perhitungan yang saya ketahui, tapi saya tidak menjamin apa yang akan di detok tubuh setelah jam 07.00 hehehhe ... mau tidur jam berapa lagi kalau mengira jam 21.00 masih terlalu sore ???

Biasakan lah hidup sehat mulai dari sekarang agar tak merasa kesusahan di saat anda tua nanti . ga ada ruginya koq menjaga kesehatan dari sekarang toh kita juga yang merasakan manfaat nya yaaa :D