Senin, 31 Mei 2010

Penuaan Dini (Premateur Aging) ?? No Way !!!

            Setiap wanita pasti menginginkan kulit wajah yang sempurna :) . Jerawat, kulit kering, flek hitam menjadi musuh utama. Kini dengan semakin tidak bersahabatnya gaya hidup modern, polusi udara muncul keluhan wajah yang baru, yaitu penuaan dini (premateur aging), yang salah satu penyebabnya adalah paparan sinar matahari dan juga gangguan psikologis berupa stress, bisa juga faktor genetik. 

Penuaan dini adalah proses berkurangnya kolagen serta serat elastin kulit akibat paparan sinar UV matahari. Sinar UV yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan kulit karena munculnya enzim proteolisis dari radikal bebas yang terbentuk. Enzim ini selanjutnya memecahkan kolagen serta jaringan penghubung di bawah kulit dermis. 
“Hasil dari pecahnya kolagen dan jaringan penghubung kulit ini adalah timbulnya flek pada wajah, juga munculnya kerutan halus. Tidak menutup kemungkinan wanita usia 20 tahun pun bisa mengalaminya.” 
Ada dua faktor penyebab penuaan dini, faktor internal dan eksternal. 


Faktor internal biasanya disebabkan oleh adanya gangguan dari dalam tubuh. Misalnya sakit yang berkepanjangan, serta kurangnya asupan gizi, faktor dari usia dan genetik. 



“Sedangkan faktor eksternal bisa terjadi karena sinar UV matahari, polusi, asap rokok, dan makanan yang kurang sehat.”
Faktor eksternal yang sering menjadi penyebab utama dari proses penuaan adalah matahari. Penuaan karena matahari dapat menyebabkan guratan halus, kerutan, penuaan pada kulit karena perubahan pigmen, pori-pori membesar, kapiler hancur dan kasar, serta berubahnya warna dan tekstur kulit yang dapat merusak kulit.



Proses penuaan dini ditandai dengan menurunnya produksi kelenjar keringat kulit, diikuti proses pigmentasi kulit yang semakin meningkat. Kulit akan kehilangan kelembaban dan kekenyalan karena daya elastisitas kulit dan kemampuan kulit untuk menahan air sudah berkurang.
“Proses penuaan alami adalah proses kontinyu yang biasanya dimulai pada pertengahan umur 20-an. Sebab di dalam kulit produksi kolagen menurun dan elastisitas berkurang. Selain itu, sel kulit mati tidak bekerja dengan cepat dan pergantian sel kulit baru menurun drastis.” 



Ciri-ciri yang dapat dilihat antara lain wajah terlihat kering, kusam, muncul kerutan atau garis halus dan vlek. Orang yang mengalami penuaan dini juga lebih mudah mengidap penyakit kanker dan gangguan pernapasan.


Pada usia muda, kulit baru akan muncul ke lapisan epidermis setiap 28 – 30 hari. Dengan bertambahnya usia, proses regenerasi berkurang secara cepat. Dan setelah usia di atas 50 tahun prosesnya menjadi sekitar 37 hari.
Penuaan dini banyak terjadi pada wajah di daerah ekspresi. Yaitu sekitar mata, dahi, dan garis senyum (sekitar bibir). Hal ini dikarenakan aktifitas wajah banyak terkonsentrasi didaerah tersebut.
“Senyum memang baik untuk kesehatan psikologi, tetapi terlalu banyak senyum juga tidak akan mencegah timbulnya kerutan di sekitar mata dan garis senyum,” 



Apa itu Phatoaging?

Proses aging terjadi melalui dua cara yaitu proses endogen dan eksogen. Proses penuaan dini akibat proses endogen dipicu oleh usia, hormonal, penyakit, stress dan kurang istirahat sedangkan proses eksogen dipicu oleh sinar matahari, merokok, minuman beralkohol, obat-obatan dan nutrisi yang tidak seimbang.

Phatoaging merupakan proses penuaan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Phatoaging biasanya akan tampak pada bagian tubuh yang terekspos sinar matahari seperti wajah, leher, dada atau lengan dalam bentuk kelainan klinis seprti timbulnya hiperpigmentasi (bercak coklat kehitaman) atau hipopigmentasi (bercak keputihan).



Antioksidan, Penangkal radikal bebas.

Untuk menangkal radikal bebas yang ditimbulkan oleh lingkungan, anda perlu antioksidan, senyawa ajaib yang mampu melindungi anda setiap hari dari pengaruh buruk lingkungan.

Anda bisa mendapatkan antioksidan alami dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari terutama buah (anggur, alpukat, jeruk, kiwi, semangka, markisa, apel, belimbing, papaya, kelapa) dan sayuran (brokoli, kubis, lobak, wortel, tomat, bayam, cabe, buncis, pare, leunca, jagung, kangkung, takokak, mentimun) terutama kacang-kacangan (kacang merah, blueberry, apel dan kentang), sampai bumbu dapur seperti kemiri dan kayu manis.



Kebiasaan Jelek Penyebab Kerutan : 


Berikut ini adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh setiap orang sehingga bisa menyebabkan penuaan dini di wajah.

Mengerutkan Kening. Seringnya mengerutkan kening, tanpa disadari bisa membuat kulit kerut permanen, cepat atau lambat. 



Kebiasaan lain adalah mengosok mata, kegiatan ini dapat merusak jaringan kelopak mata sehingga kulit mata jadi lebih cepat tua dan keriput.

“Terlalu lama di depan komputer juga akan mengakibatkan mata lelah, garis hitam di sekitar mata saat kita lelah jika dibiarkan akan berubah menjadi kerutan yang permanen.” 


Membuang ingus terlalu keras. Ketika Anda pilek dan beringus, usahakan jangan mengosok hidung dan membuang ingus terlalu kuat. Hal tersebut akan membuat kulit kehilangan serat lembut epidermis dan menyebabkan kerut prematur. 


“Kulit di seputar hidung pun akan teritasi karena penipisan, karena itulah sebaiknya jangan menggosok hidung terlalu keras,” saran dia.
Mengerutkan bibir. Kebiasaan buruk lain adalah mengerutkan bibir. Biasanya orang sering melakukan ketika perpikir, membaca, dan merokok. Kebiasaan ini akan menimbulkan garis-garis penuaan permanen disekitar mulut.
Bertopang dagu. Disadari atau tidak, kita sering bertopang dagu saat membaca atau menonton televisi. Kebiasaan ini jika dilakukan berjam-jam dapat mempengaruhi gigi dan garis rahang. “Tapi dampaknya jangka panjang, baru terlihat ketika lansia.”



Pilah-Pilih Pelembab

Gejala awal penuaan diri adalah terjadinya dehidrasi kulit di mana kulit menjadi semakin kering. Ciri-cirinya adalah pori-pori tertutup, terjadinya pengelupasan, dan warna kulit yang tidak merata. Penyebabnya pun bermacam-macam salah satunya adalah perubahan suhu yang ekstrem.
“Warna kulit tidak merata, misalnya saja setelah terkena terik matahari kemudian masuk ke ruang ber AC yang dingin.”  


Langkah pertama untuk mencegah penuaan dini akibat kulit kering adalah dengan menggunakan pelembab. Namun pemilihan jenis pelembab juga harus diperhatikan, pasalnya akan berpengaruh pada hasil. Ada empat jenis pelembab yang beredar di pasaran yaitu cream, fluid, gel, dan lotion.


Cream, memiliki kandungan minyak paling tinggi ketimbang pelembab jenis lain. Bagi pemilik kulit kering sangat disarankan untuk menggunakan jenis ini. “Kandungan minyak pada cream bisa mencapai 30 persen – 40 persen, paling tinggi dibandingkan pelembab lain.” Teknologi tinggi yang di miliki skindividual day cream punya Oriflame.



Fluid, fluid memiliki kandungan minyak yang rendah setelah cream. Bisa digunakan untuk wajah normal cenderung kering. Namun tingkat kekeringannya tidak terlalu parah.Oriflame juga punya skindividual day fluid spf 15.

Lotion, kandungan minyak sedikit ketimbang kandungan airnya sehingga teksturnya lebih encer ketimbang fluid. Wajah normal disarankan untuk memakai jenis ini karena sifatnya ringan untuk wajah.Oriflame rekomendasi essential fairness lotion. 


Gel, untuk kulit normal cenderung berminyak, disarankan untuk digunakan pada wajah yang berjerawat, sebab gel memberikan sensasi dingin pada wajah. Untuk kandungan minyaknya pun sangat rendah bahkan banyak pelembab berbentuk gel yang tidak menganding minyak.

kalau dari Oriflame saya rekomendasi Royal velvet softening toning gel. 


Cegah dengan Anti-Aging 
Saat ini produk anti aging banyak dijual di pasaran. Setiap produk memiliki bahan utama yang berbeda, namun untuk cara kerjanya sama yaitu meregenerasi, merawat dan melindungi sel kulit. Di Oriflame Swedish Cosmetic, ada paket perawatan yang bisa di lakukan di rumah dengan cara termudah namanya DERMO PROFESSIONAL. Dalam 2 langkah sederhana, Dermo Professional micro dermabrasion kit akan memperbaharui kulit secara ampuh. Permukaan kulit yang kasar menjadi halus. Garis halus menghilang, pori lebar dan bercak  warna gelap akan memudar dan menghilang. warna kulit lebih bersih dan cemerlang. kulit jadi muda dan untuk semua jenis kulit tidak di sarankan untuk kulit sensitiv di pakai usai 25 tahun ke atas. 

hasilnya akan langsung kelihatan setelah pemakaian selama 4 minggu. dan akan terlihat seperti berikut : 

  • 90% beranggapan kulit yang kasar menjadi lebih len
  • 89% beranggapan pori-pori mengecil
  • 91% beranggapan kulit jadi lebih cemerlang
  • 98% beranggapan kulit lebih lembut
cara pemakaian terdapat dalam produk


Konsumsi Makanan Ini 


Pola hidup berpengaruh besar untuk mencegah penuaan diri, salah satunya dari pola makan. Makanan untuk mencegah penuaan diri pun tidak harus mahal. Sejumlah  sayur  dan buah yang diyakini mampu mencegah penuaan dini harganya relatif murah dan mudah didapat.

Mentimun
Sayuran yang bernama latin Cucumis sativus ini memiliki perpaduan kadar air, vitamin C dan asam amino tinggi. Sehingga cocok dipakai untuk berbagai jenis  pengobatan dan pemeliharaan kulit, menghilangkan jerawat hingga mencegah datangnya kerutan dini. Sedang gabungan unsur fosfor, asam folat dan vitamin C pada mentimun berkhasiat menghilangkan ketegangan alias stres.
“Stres merupakan faktor kuat mempercepat proses degenerasi sel-sel tubuh. Menghilangkan stres berarti memperlambat penuaan dini. Konsumsi mentimun untuk lalapan atau salad, atau dibuat masker.”


Semangka
Buah berwarna merah dan kuning ini kaya akan likopen. Likopen merupakan zat  pemberi warna pada buah dan sayuran yang tergolong dalam kelompok karotenoid. Nah, senyawa karotenoid berperan sebagai zat antioksidan yang berfungsi mengikat radikal  bebas di dalam tubuh. Radikal bebas membuat kulit mengering dan kelenturannya berkurang, sehingga tampak keriput dan kendur.
“Likopen mampu  memerangi radikal bebas dan menyegarkan kembali sel-sel tubuh. Sebaiknya pilih yang semangka merah karena kandungan likopennya lebih tinggi. selain semangka buah yang kandungan likopennya tinggi adalah tomat.”


Wortel
Buah ini istimewa karena mengandung provitamin A (beta karoten) yang cukup tinggi. Di dalam tubuh, beta karoten menjelma menjadi zat antioksidan yang  gigih  mencegah terbentuknya radikal bebas.
“Selain baik untuk mata, wortel juga memiliki fungsi untuk mencegah terbentuknya radikal bebas dalam tubuh.”



 Trik Perlambat Penuaan Dini :

Proses penuaan bisa diperlambat jika anda menerapkan pola hidup yang sehat. Tidak terlalu sulit bila anda betul-betul mencobanya.

1. perhatikan hidrasi tubuh. Banyak minum air putih agar kelembaban dan keelastisan kulit terjaga.
2. lakukan diet yang seimbang dan barengi dengan berolah raga teratur.
3. tidur 8 jam sehari untuk perbaikan dan regenerasi kulit.
4. stop rokok dan alcohol. Nikotin yang terdapat dalam rokok dapat mempercepat proses penuaan dini sedangkan alcohol membuat kulit menjadi lebih kering.
5. gunakan produk perawatan kulit yang terpercaya yang dapat menunda penuaan dini, kalau yang satu ini saya percaya pada produk Oriflame. selain non bahan kimia dan jarang berefek samping pada kulit saya. selain aman produknya juga halal. 


regards,
mitha
selalu tampil cantik http://www.bizyindbc.co.cc 





1 komentar:

Anonim mengatakan...

Izin c0pas mba..